Sabtu, 10 Oktober 2015

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Hiking

Untuk anda yang belum mengetahui kegiatan petualangan semacam mendaki gunung atau hiking tentu bertanya-tanya “ngapain sih naik gunung cape serta membahayakan?" Pertanyaan sederhana tapi tak jarang membikin bimbang yang ditanya alias bahkan menimbulkan rasa kesal. George F. Mallory, seorang pendaki Inggris menjawab pertanyaan tersebut “because it is there”. Mallory serta rekannya menghilang di everest tahun 1924. Soe hook Gie (Mapala UI) menulis dalam puisi “Aku Cinta Pangrango” sebab aku mencintai kebenaran hidup”. Dirinya tewas tercekik gas beracun di puncak Mahameru tanggal 16 Desember 1969.

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Hiking


Saya mengingat suatu  kutipan dari Chris Bonington (Pendaki Inggris yang sempat mencapai puncak Everest) ” Teknik serta performa kamu tak mengangkat kamu keatas, itu merupakan kemauan yang terpenting kemauan ini kamu tak bisa membeli dengan uang alias diberikan terhadap orang lain, ia terbit dari hati kita”. Ketika kita bisa mengalahkan ego menuju puncak serta menancapkan rasa kebersamaan dihati kita, disitu kita bakal tersenyum tersanjung bak alam yang indah yang telah disediakan Tuhan. Berikut rekomendasi peralatan untuk Hiking dan Outbound Bandung  :

A. Peralatan Packing  

1. Tas Ransel Carrier benar-benar penting untuk seorang pendaki gunung. Pemilihan tas ransel yang cocok bisa membikin perjalanan kami terus nyaman. Usahakan memilih tas ransel yang udah teruji kualitasnya (bermerk). 

2. Tas Punggung (Daypack) Boleh bawa boleh juga tidak. Apabila tetap memungkinkan sebaiknya anda membawanya. Kegunaanya untuk summit attack. Untuk medan summit attack yang berat semacam di Gunung Semeru alias Gunung Slamet, mengangkat daypack sangat disarankan.

3.  Kantong Plasti, fungsinya untuk menjaga barang bawaan kami supaya tak basah terkena air

B. Peralatan Pribadi 

1. Jaket Gunung. Usahakan pilih jaket gunung yang tebal, saya sendiri merekomendasikan jaket polar dari bahan bulu angsa.. Hangat baget Gan.

2. Baju Ganti Bawa saja secukupnya. Faktor ini untuk berjaga-jaga apabila baju yang anda pakai basah alias kotor. Baju ganti disini telah tergolong baju (kaos), celana, serta pakaian dalam.  

3. Jas Ujan. Membawa jas hujan menurut saya merupakan suatu  keputusan yang cocok sebab alam ga bisa ditebak, ada matahari aja tetap bisa hujan.

4. Topi, Sarung Tangan Topi bisa bermanfaat untuk melindungi kepala serta tengkuk belakang dari terik matahari bagusnyanya sih pakai tobi rimba  bro serta sis, kalo sarung tangan mah masing – masing ada gayanya aja..hehe.

C. Perlengkapan Kaki 

1. Sepatu, fungsinya tentu telah pada tahu, untuk melindungi kaki dari duri, kerikil tajam, gigitan ular serta mencegah dari hawa dingin. Gunakan sepatu yang didesain khusus untuk mendaki gunung.
2. Sandal. 
3. Kaos Kaki (cadangan banyakin).
4. Gaiter (untuk jalur yang tak sedikit pasir serta bebatuan kecilnya) kaya   Gunung Slamet serta Gunung Semeru.

D. Perlengkapan Camping / Tidur

1. TendaTenda hendaknya bisa menampung seluruh anak buah pendakian (team) serta kalo bisa jangan lebih ataupun tak lebih (paspas aja) biar udara yang berada didalam hangat coi.

2. Sleeping Bag (SB) Tidak hanya jaket, sleeping bag bakal menjadi peralatan harapan untuk mengusir hawa dingin yang menyerang tubuh kita. kalo kantong minim serta SB g ada bisa diakalin pake sarung dengan tutorial 2 sarung dijahit terlebih dahulu untuk dijadikan 1 sarung (pengalaman dulu).

1 komentar: